Cara Mudah Menghemat Biaya Aqiqah Anak

aqiqah kita medan

Setiap pasangan yang sudah menikah pastinya menunggu-nunggu kelahiran anak. Tidak semua pasangan langsung dikaruniai seorang anak setelah menikah. Bahkan pasangan-pasangan ini harus menunggu sampai tahunan agar bisa mendapatkan keturunan. Dalam ajaran Islam, saat seorang anak lahir maka digelar acara aqiqah. Ibadah aqiqah ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas lahirnya seorang anak yang sehat. Pelaksanaan ibadah aqiqah ini disunahkan dilakukan pada hari ke tujuh setelah kelahiran anak. Sebagaimana tertuang dalam hadits berikut, “Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ke tujuh, dan dia dicukur, dan diberi nama.” (HR. Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan dishahihkan oleh At Tirmidzi)

8 Tips untuk Menghemat Biaya Aqiqah

Ibadah aqiqah yang dilakukan oleh umat muslim adalah dengan menyembelih hewan ternak. Untuk hewan ternak yang digunakan berupa kambing atau domba. Untuk aqiqah anak laki-laki dan perempuan berbeda, bisa dilihat dari jumlah hewan aqiqah yang disembelih. Aqiqah anak laki-laki menggunakan 2 ekor kambing, sedangkan untuk perempuan cukup 1 ekor kambing saja. Jenis kelamin kambing yang disembelih pun boleh jantan atau betina. Akan tetapi yang utama tetap menyembelih kambing atau domba jantan sesuai syariat yang ada. Dalam pelaksanaan akikah sendiri pun membutuhkan perencanaan yang tepat. Jangan sampai acara aqiqah yang hanya satu kali dilakukan untuk anak malah berujung ketidaksesuaian. Perlu diketahui juga bahwa untuk menyelenggarakan acara aqiqah ini membutuhkan dana cukup besar. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memangkas biaya aqiqah supaya anggaran tidak melonjak.

Nah berikut ini terdapat beberapa cara untuk menghemat biaya aqiqah. Jadi Ayah Bunda tidak harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar.

  1. Membuat Rencana dengan Baik

Untuk hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat susunan rencana sejak awal. Dengan begitu, nantinya bisa membuat acara aqiqah menjadi lebih terkontrol dan praktis. Apabila ingin menyelenggarakan ibadah aqiqah secara sederhana. Maka bisa membuat acara dengan beberapa prosesi wajib saja. Yang mana tidak perlu harus menggelar banyak prosesi berlebihan. Sebab semakin banyak prosesi aqiqah yang dilakukan, maka pengeluaran dana pun juga cukup besar. Jika anggaran terbatas, tentunya tidak bisa membuat prosesi yang neko-neko.

  1. Menyusun Anggaran Secara Tepat

Dalam penyelenggaraan ibadah aqiqah ini tentunya membutuhkan anggaran. Nah, pastikan untuk membuat susuan anggaran dengan tepat dan pasti. Meskipun itu hanya anggaran kecil tetap masukkan ke dalam susunan tersebut. Sebab pengeluaran kecil inilah yang terkadang membuat pengeluaran menjadi bengkak. Banyak orang banyak melupakan pengeluaran kecil ini dan tidak memasukkan ke dalam anggaran yang disusun. Selain itu, jangan lupa untuk memasukkan biaya tidak terduga ke dalam anggaran ini. Perlu diketahui, bahwa kita tidak bisa tahu ada hal apa yang terjadi nantinya. Oleh sebab itulah, biaya tidak terduga ini sangat penting untuk dituliskan.

  1. Memilih Waktu Terbaik

Dalam sebuah hadits, untuk pelaksanaan ibadah aqiqah ini sudah tertulis jelas. Yakni pada hari ke-7 setelah kelahiran anak. Namun jika orang tua belum mampu maka bisa diselenggarakan pada hari ke-14 atau ke-21. Akan tetapi jika memang orang tua belum mampu pada hari-hari tersebut. Maka bisa diganti pada hari lain, dimana orang tua sudah mampu secara finansial. Jika Anda melakukan ibadah aqiqah secara terburu-buru, besar kemungkinan biaya yang dibutuhkan tidak bisa ditekan secara pasti. Lain hal jika memang Anda sudah menyusun rencana dengan baik dan memiliki biaya cukup. Pastinya tidak masalah dalam pemilihan waktu ini.

  1. Memilih Paket Aqiqah sesuai Kebutuhan

Salah satu cara terbaik yang bisa dipakai untuk menghemat biaya aqiqah adalah dengan memilih paket aqiqah sesuai kebutuhan. Layanan aqiqah bisa menyediakan berbagai macam paket, hal ini terkadang membuat orang tua menjadi kebingungan harus memilih yang mana. Akan tetapi jika sejak awal Anda sudah memiliki rencana yang matang, maka pemilihan paket aqiqah bukan hal sulit dilakukan. Jangan sampai ibadah aqiqah yang dilakukan tanpa memenuhi syariat. Oleh karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk bisa menemukan layanan aqiqah yang terpercaya dan sudah memiliki pengalaman cukup banyak.

  1. Membatasi Jumlah Undangan

Apabila Anda berencana mengundang tamu untuk hadir dalam acara aqiqah si kecil. Maka bisa membatasi jumlah tamu undangan. Selain bisa menghemat jumlah anggaran yang harus dikeluarkan. Hal ini juga bisa membantu mengurangi kerumunan. Di masa pandemic yang belum tahu kapan berakhir membuat pencegahan tentu menjadi lebih baik bukan. Untuk tamu yang diundang ini bisa dipilih dari keluarga, teman, tetangga dan kolega dekat. Sisa orang yang tidak sempat diundang bisa dikirimkan bingkisan nasi box. Pastikan dengan baik bahwa konsumsi yang dipesan sudah sesuai dengan jumlah tamu undangan. Jdi jangan sampai memesan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

  1. Ustadz

Yang biasa memandu pelaksanaan ibadah aqiqah adalah ustad. Nah pastikan Anda sudah membuat janji dengan ustad atau mencari lembaga aqiqah yang sudah sekaligus menyediakan ustadz. Dalam pemilihan ustadz ini disarankan yang sudah bersahaja atau disegani oleh banyak jamaah. Apabila Anda belum menemukan ustadz yang dimaksud, maka bisa meminta teman atau kerabat untuk dicarikan rekomendasi. Biasanya mereka yang sudah pernah menyelenggarakan aqiqah dipandu ustadz pastinya memiliki rekomendasi ustadz terbaik.

  1. Pilih Dekorasi Minimalis

Beberapa orang yang menyelenggarakan acara aqiqah biasanya menggunakan dekorasi. Jika Anda ingin menggunakan dekorasi, ada baiknya jika memilih dekorasi yang minimalis. Dekor minimalis bukan berarti tidak meriah, malah hal ini akan membuat tampilan menjadi lebih praktis dan simpel. Di zaman sekarang ini banyak orang lebih menyukai desain-desain minimalis seperti ini. Jadi Anda bisa memanfaatkan dekor minimalis ini untuk memeriahkan acara aqiqah. Selain itu, Anda juga bisa jadi lebih hemat anggaran. Selain itu juga pastikan untuk menyiapkan alat cukur dan sound system agar acara akikah menjadi lebih meriah.

  1. Memilih Jasa Aqiqah Terbaik

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran aqiqah adalah dengan memilih jasa aqiqah. Untuk pemilihan jasa aqiqah ini memang tidak mudah dan tidak boleh sembarangan. Pastikan untuk memilih jasa aqiqah yang menawarkan harga terjangkau, pelayanan terbaik dan sudah berpengalaman. Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan jasa aqiqah yang baik. Maka bisa meminta rekomendasi dari kerabat atau teman yang sudah pernah bekerja sama dengan jasa aqiqah. Selain itu Anda juga Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai layanan akikah tersebut.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin mendapatkan biaya aqiqah hemat. Jangan sampai keinginan untuk mengaqiqahkan si kecil terkendala oleh anggaran. Dengan menyusun anggaran sebaik mungkin, tentunya membuat Anda bisa menyelenggarakan ibadah akikah secara tepat dan tidak harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar.