Ciri-Ciri Kambing Yang Baik Untuk Di Gunakan Aqiqah

Kelahiran seorang bayi menjadi momen paling di tunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Sebagai umat islam, kelahiran seorang bayi disunahkan untuk menyelenggarakan aqiqah. Yang mana aqiqah sendiri sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kita kepada Allah atas kelahiran seorang bayi. Nah aqiqah sendiri adalah proses pemotongan hewan yang biasanya di lakukan pada hari ke 7. Namun kita juga bisa menggunakan waktu lain dalam menyelenggarakan aqiqah. Yang mana kita bisa memanfaatkan hari ke 14 atau ke 21. Yang mana dengan begitu kita bisa menyelenggarakan aqiqah saat waktu memang tepat dan kita memang mampu. Dalam proses penyelenggaraan aqiqah sendiri di lengkapi juga dengan proses pencukuran rambut bayi juga memberi nama untuk bayi tersebut. Namun dalam menyelenggarakan aqiqah sendiri kita sebaiknya mematuhi syarat sah dalam aqiqah. Karena jika tidak sesuai dengan syarat sah dalam aqiqah maka bisa dianggap tidak sah. Jadi pertimbangkan dalam menyelenggarakan aqiqah memang sah sesuai dengan syaratnya. Untuk menyelenggarakan aqiqah sendiri, kita bisa semakin mudah jika anda memanfaatkan jasa aqiqah. Bekerja sama dengan layanan jasa aqiqah memberikan kemudahan anda untuk menyelenggarakan aqiqah dengan baik. Namun perlu untuk anda pertimbangkan bila anda memang bekerja sama dengan layanan yang berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya. Semakin tepat pilihan anda semakin memberikan kemudahan anda dapatkan hasilnya.

aqiqah

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Kambing Aqiqah

Dalam menyelenggarakan aqiqah sendiri, ada beberapa hal yang harus anda jadikan pertimbangan dalam melakukannya. Karena dalam aqiqah sendiri memang tidak semudah yang di bayangkan. Jadi penting untuk anda melakukan aqiqah dengan baik juga memilih kambing yang tepat. Nah bagaimana dalam memilih kambing aqiqah tersebut? Perhatikan beberapa ulasan ini.

  • Cukup umur

Untuk memilih kambing yang di gunakan dalam aqiqah tentu saja tidak bisa di lakukan secara asal-asalan. Kita harus memastikan jika kambing yang di gunakan memang sudah cukup umur. Yang mana kambing sendiri harus sudah berumur 1 tahun baik untuk jantan maupun betina. Untuk itu kambing yang masih kecil tidak boleh disembelih guna ibadah aqiqah.

  • Jumlah kambing

Bukan hanya umur kambing, ternyata jumlah kambing menjadi pertimbangan untuk kita. Untuk melakukan pembelian kambing dengan jumlah yang pas dan tepat tentu saja penyelenggaraan aqiqah bisa sah. Untuk anak laki-laki sendiri jumlah kambing yang di butuhkan adalah 2 ekor. Sedangkan untuk anak perempuan jumlah kambing yang tepat adalah 1 ekor. Jadi sudah jelas bukan jika untuk anak laki-laki dan perempuan memang di butuhkan dengan jumlah berbeda.

  • Kondisi kesehatan kambing

Kondisi kesehatan kambing menjadi bagian penting untuk anda jadikan pertimbangan. Pastikan anda memang memilih kambing dengan kondisi kesehatan yang baik. Dimana kondisi kesehatan sendiri ialah kambing yang tidak dalam keadaan cacat. Selain itu juga memastikan jika kambing memang tidak memiliki penyakit. Dengan kondisi kambing yang baik sangat mudah bagi anda untuk menyelenggarakan aqiqah.

  • Menu aqiqah

Terakhir, wajib untuk anda memastikan menu aqiqah anda. Dengan memanfaatkan menu yang tepat di harap olahan pun akan membuat kita merasa lebih nyaman. Untuk menu olahan kambing yang pas juga dengan rasa masakan yang enak tentu saja akan membuat penerima juga lebih senang.

Nah itulah beberapa hal yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam memilih menyelenggarakan aqiqah.